Rabu, 18 April 2012

Definisi Psikolinguistik

1. Soeparno (2002:23) mendefinisikan psikolinguistik sebagai subdisiplin linguistik yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan faktor-faktor kejiwaan si penutur dan lawan tuturnya.
2. Aitchson (Djardjowidjojo, 2003:7) mendefisikan psikolinguistik sebagai suatu studi tentang bahasa dan minda.
3. Harley (dalam Djardjowidjojo, 2003:7) menyebut psikolinguistik sebagai “suatu studi tentang proses-proses mental dalam pemakaian bahasa”.
Clark dan Clark (dalam Djardjowidjojo, 2003:7) menyatakan bahwa psikologi bahasa berekaitan dengan tiga hal utama: komprehensi, produksi, dan pemerolehan bahasa.
4. Robert Lado (dalam Tarigan, 1984:3) mengatakan bahwa “psikolinguistik adalah pendekatan gabungan melalui psikologi dan linguistik bagi telaah atau studi pengetahuan bahasa, bahasa dalam pemakaian, perubahan bahasa, dan hal-hal yang ada kaitannya dengan itu yang tidak begitu mudah dicapai atau didekati
5. Emmon Bach (dalam Tarigan, 1984:3) mengatakan bahwa psikolinguistik adalah suatu ilmu yang meneliti bagaimana sebenarnya para pembicara/ pemakai sesuatu  bahasa membentuk/ membangun atau mengerti kalimat-kalimat bahasa tersebut.
6. Ronald W. Langacher (dalam Tarigan, 1984:3) mengatakan psikolinguistik adalah studi atau telaah mengenai behavior atau perilaku linguistik yaitu performasi atau perbuatan dan perlengkapan atau aparat psikologis yang bertanggungjawab atasnya.
7. John Lions (Tarigan, 1984:3) berpendapat bahwa psikolinguistik adalah telaah mengenai produksi (sintesis) dan rekognisi (analisis).
8. Lila R. Gleitman (dalam Tarigan,1984:3) mengemukakan bahwa psikolinguistik adalah telaah mengenai perkembangan bahasa pada anak-anak suatu introduksi teori linguistik ke dalam masalah-masalah psikologis.
9. Hartley (dalam Pateda, 1990: 11) mengatakan bahwa psikolinguisttik membahas hubungan bahasa dengan otak dalam memores dan menghasilkan ujaran-ujaran dan dalam akuisisi bahasa.
10. Osgood dan Sebeok (dalam Pateda, 1990:11) mengatakan psikolinguistik secara langsung berhubungan dengan proses mengkode dan mengerti kode seperi pesan yang disampaikan oleh orang yang berkomunikasi.
11. Psikolinguistik (psycholinguistics) adalah ilmu yang mempelajari antara bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia; ilmu interdisipliner linguistik dengan psikologi (Kridalaksana, 1993: 182).

Referensi:
Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik: Pengantar pemakaian Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pateda, Mansoer. 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik. Yogyakarta: Nusa Indah.
Soeparno. 2002. Dasar-dasar Linguistik. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar