Minggu, 22 April 2012

Sinopsisi Novel Menebus Impian Karya Abidah El Khalieqy



Novel Menebus Impian ini menceritakan kisah seorang perempuan yang memperjuangkan mimpinya hingga berhasil. Kisah perempuan bernama Nur bersama Ibunya yang  berusia 45 tahun yang biasa dipanggil Emak beserta neneknya. Mereka menghabiskan waktu bersama setiap harinya. Emak bekerja sebagai buruh cuci.
Meski serba kekurangan Nur selalu mensyukuri pada apa yang dimilkinya. Nur selalu bermimpi bertemu seorang yang selalu memberikan semangat agar ia tidak menyerah pada keadaan. Dalam mimpinya seseorang itu memberikan nasihat-nasihat pada Nur. Suatu hari Nur bertemu Madrim saat Ia akan menuju kampus untuk melihat pengumuman di kampus STIE. Nur menyadari jika Ia telat membayar SPP kemudian Ia menemui Lusi untuk meminta dispensasi. Di semester yang akan diambil Nur terdapat dosen kiler yang sulit memberikan nilai kelulusan. Nur ingin sekali mengambilnya dan dapat langsung lulus. Nur meminta bantuan pinjaman uang pada Rohmat untuk membayar SSP nya namun Rahmat tidak bisa.
Emak memilki nama asli Sekar. Nenek Nur mempunyai nama Murni. Susilo merupakan suami dari Murni. Susilo meninggal dunia saat bekerja mengali tanah dan tetimpa dinding di sebuah galian di desa Sitibangun yang dianggap illegal yang dijadikan warga sebagai tempat mencari bahan untuk membuat gerabah. Semenjak saat itu Murni membesarkan Sekar sendiri yang tidak lain ibunya Nur.
Emak menceritakan kisah hidupnya dulu bersama Prakosa suaminya. Prakosa menmghianati sekar dan meninggalkannya saat Sekar hamil. Emak selalu menasehati Nur agar selalu berhati-hati pada setiap laki-laki termasuk anak kiai sekalipun. Bapak Nur meninggal pada saat Nur berusai satu tahun. Prakosa meninggal dunia karena tertabrak mobil disebuah perempatan Kabupaten.
Nenek Nur Murni memberikan kalung bertuliskan nama Nur yang mempunyai nama asli Nur Kemalajati. Nur berarti cahaya kemala batu mulia jati kesejatian diri manusia. Nama yang diberikan sesepuh desa. Kalung itub tidak boleh dijual kecuali dalam keadaan terpaksa.
Nur senang membaca buku habis gelap terbitlah terang. Nur membacanya hingga berkali-kali.  Nur senang sekali membaca buku kisah-kisah perjuangan seorang perempuan Karena dapat membakar semangatnya.
Setelah kepergian suaminya Sekar banyak mendapat tawaran untuk menjadi istri. Sekar juga diajak untuk bekerja diluar negeri. Tetapi Sekar selalu menolaknya karena Ia ingin selau bersama anaknya Nur dan Murni ibunya. Sekar di desa tidak mempunyai tanah sedikit pun kemudian Sekar memutuskan untuk pindah ke kota. Nur akhirnya keterima dikampus. Dian adalah teman Sekar. Dian mengenalkan bisnisnya pada Sekar.
Pada suatu hari Nur sangat terkejut melihat kerumunan orang dirumahnya. Emak jatuh pingsan. Emak dibawwa ke rumah sakit. Nur bingung dengan biaya rumah sakit. Setelah dialakukan diagnosa Emak menderita kanker kelenjar getah bening. Nur merasa sangat bingung dengan biaya yang akan digunakan membayar operasi Emak. Beruntung Nur mempunyai teman Dian yang selalu menemani Nur dimana pun Nur berada. Nur juga mendapat bantuan dari teman-teman kuliah dikampusnya. Nur memberikan kalung satu-satunya pada Dian sebagai jaminan atas uang yang dipinjamkannya pada Nur.
Dian masih kuliah di jurusan Teknik Mesin dan belum mengajukan judul skripsi. Dian mulai bangkit dengan bisnisnya. Dian membuat daftar orang yang bias diajaknya bekerja sama. Dian membuat pertemuan dengan koleganya. 
Nur terbayang pada pengusaha sukses Doni Mardhani. Suatu hari Dian membuat pertemuan di ruimahnya yang juga dihadiri Nur yang pada awalnya kurang peduli pada bisnis Dian. Nur semakin rajin mengeluti bisnisnya. Nur juga mempunyai teman bernama Rohmat yang menjadi guru spiritualnya.  Nur mulai membangun kerja sama. Nur masih menyembunyikan bisnis yang digelutinya pada Emak. Karena Emak sakit-sakitan Nur memutuskan untuk ikut bekerja di sebuah karaoke. Suatu malam Nur bertemu dengan pak Doni Raharja. Pak Doni memaksa Nur bercumbu tapi Nur menolaknya dan menampar pak Doni. Setelah bekerja beberapa bulan Nur berniat mengembalikan hutangnya pada Pak Roni. Di tempatnya bekerja Nur menemui pak Roni. Nur mendapakan perlakuan yang kurang baik Nur diajak bercumbu namun ia memberontak sekuat tenaga hingga membutnya mengenbai meja dan bibirnya berdarah.  Semua yang ada tidak bias berbuat apa-apa karena Roni merupakan bos ditempat karaoke tersebut.
Nur menanyakan status hubungannya pada Dian. Nur mengakjakn Dian kepertemuan yang diadakan setiap delapan bulan sekali. Dian beruntung karena mendapatkan hadiah mobil atas kerja kerasnya pada bisnis MLM nya.
Nur juga mulai menuai hasil atas kerja kerasnya. Emak mengetahui bisnis Nur karena mengetahui jika Nur cuti kuliah. Emak memaklumi keputusan Nur. Dian menyatakn cintanya pada Nur. Nur menerima pernyatan cinta Dian. Mereka pun kemudian menikah. Dian mengembalikan kalung milik Nur. Mereka berdua melewati hari-hari bersama dengan bisnis yang digelutinya. Sedikit demi sedikit mereka menuai hasil jerih payahnya yang dimulai dari nol.
  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar