Minggu, 22 April 2012

Analisis Gaya Bahasa dalam Novel Menebus Impian Karya Abidah El Khalieqy


A.    Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan sarana komunikasi. Bahasa dapat digunakan seseorang untuk menyampaikan ide pikirkannya. Bahasa dalam perkembangannya memiliki peranan penting dalam perkembangan zaman. Bahasa dapat menyatukan bangsa-bangsa yang ada di seluruh dunia.
Kridalaksana (2001) mengatakan bahasa adalah sistem lambang arbirer, yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri. Dari pengertian tersebut dapat diketahui jika bahasa memiliki bentuk dalam untuk membedakannya. Bahasa memiliki ciri khas yang membedakan bahasa satu dengan yang lain.
Bahasa memiliki gaya atau style. Gaya bahasa adalah bagian dari diksi. Diksi atau pilihan kata merupakan pencocokan, pemilihan dan penentuan kata, frasa maupun klausa yang sesuai ketatabahasaan. Gaya bahasa merupakan pemanfaatan atas kekayaan bahasa oleh seseorang dulu bertutur atau menulis, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu, keseluruhan ciri-ciri bahasa sekelompok penulis sastra  dan cara khas untuk menyatakan pikiran dan perasaan atau pun bentuk tulis dan lisan (KBBI 2008: 422-423).
Bahasa memilki keterkaitan dengan sebuah novel. Bahasa digunakan pengarang untuk mengungkapkan ide pikirannya dalam bentuk wacana. Penggunaan bahasa secara tepat oleh pengarang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar lebih mudah dalam memahami karyanya. Wacana dalam novel memiliki berbagai jenis gaya. Gaya tersebut digunakan pengarang agar lebih memberikan sentuhan dalam karyanya.
Berdasarkan latar belakang tersebut kiranya Analisis Gaya Bahasa dalam Novel Menebus Impian Karya Abidah El Khalieqy menarik untuk diteliti.   

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang dan di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:
1.  Bagaimana gaya bahasa yang digunakan dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy?
2.    Gaya bahasa apa saja yang digunakan dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy?
3.      Apa alasan pengarang novel menggunakan gaya bahasa tersebut?

C.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan penentuan judul dan perumusan masalah yang sudah peneliti kemukakan, maka penelitian ini mempunyai tujuan yang akan dicapai, yaitu:
1.  Mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy.
2.    Mendeskripsikan berbagai macam gaya bahasa yang digunakan dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy.
3.     Mendeskripsikan alasan pemakaian gaya bahasa dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy.

D.    Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoretis
a.  Memberikan masukan kepada pembaca agar mampu menyimpulkan pengertian tentang pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b.   Memberikan masukan tentang pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam setiap penulisan baik karya ilmiah maupun karya cipta.
c.       Memberikan informasi kepada pembaca tentang pemakaian diksi dan gaya bahasa dalam novel.

2.      Manfaat Praktis
a.       Pengarang diharapkan dapat melestarikan penggunaan bahasa Indonesia dalam novelnya.
b.  Pengarang membuat novel sesuai dengan budaya Indonesia yang menjunjung tinggi nilai kesopanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar