Minggu, 22 April 2012

Referensi Buku Bahasa Indonesia


Buku Asas-asas Linguistik Umum ini wajib menjadi pegangan yang harus dimilki mahasiswa yang mempelajari bahasa. Isinya mencakup berbagai perkembangan bahasa (linguistik). Buku ini mendeskripsikan pengertian linguistik, cabang linguistik, fonetik: pengantar, fonetik artikulatoris, fonetik: pengaruh bunyi, hingga deiksis.







Buku ini merupakan kajian teoritis terhadap teori-teori yang  terkait dengan kalimat efektif, kesalahan berbahasa, kesantunan berbahasa, dan bahasa pada umumnya. Penulisan buku ini berangkat dari kenyataan bahwa ada berbagai kesalahan yang dilakukan oleh pemakai bahasa, khususnya berkaitan dengan kesalahan bidang sintaksis. Oleh karena itu, penulis mencoba memaparkannya.
Di samping itu, terdapat fenomena bahwa pemakai bahasa kurang memperhatikan kesantunan berbahasa. Sehubungan dengan itu, penulis mengadakan penelitian kesantunan berbahasa yang terdapat dalam teks terjemahan Al Quran yang hasilnya juga penulis paparkan sebagai bagian dari pembelajaran analisis kesalahan berbahasa. Buku ini mendeskripsikan mengenai kalimat efektif, keapaduan dan ketepatan makna, dan kalimat bervariasi. 
Buku ini masih satu rangkaian dengan buku Komposisi, Eksposisi, dan Deskripsi juga Argumentasi dan Narasi ini sangat berguna mahasiswa yang ingin menulis karangan baik fiksi maupun ilmiah. Buku ini mendeskripsikan mengenai retorika, kata dan pilihan kata, kamus sebagai sumber diksi, perluasan kosa kata, pendatagunaan kata dan ketepatan pilihan kata dan pendayagunaan kata dan kesesuaian pilihan kata.





Buku ini memberikan wawasan dan pemahaman yang utuh tentang seluk beluk bunyi bahasa Indonesia. Untuk mencapai maksud tersebut, buku ini menyajikan konsep dasar fonologi, gambaran umum fonetik, gambaran komunikasi verbal, penjenisan bunyi dan deskripsi bunyi bahasa Indonesia, pengamatan bunyi pengiring, diftong, kluster, dan silaba, pengenalan dasar analisis fonem, pengamatan perubahan fonologis bahasa Indonesia, pemaparan ciri-ciri suprasegmental bahasa Indonesia, dan peyelidikan klasifikasi, distribusi, dan realisasi fonem bahasa Indonesia. Buku ini mendeskripsikan mengenai fonetik: gambaran umum, fonetik: tahapan komunikasi, proses pembentukan, transkripsi fonetis, klasifikasi bunyi segmental dan deskripsi bunyi segmental dan deskripsi bunyi segmental Bahasa Indonesia, klasifikasi bunyi suprasegmental, bunyi pengiring, diftong, kluster, silaba dan perubahan bunyi dalam Bahasa Indonesia.
Bahasa mempunyai peran penting dalam kehidupan untuk berkomunikasi, baik lisan maupun tulis. Kemampuan menuangkan ide dalam karya tulis ilmiah adalah bentuk pemakaian bahasa secara tertulis. Menulis dapat menjadi media pengembangan hard skill dan soft skill manusia dalam kehidupan. Dengan menulis dapat menjadi sarana penyampaian gagasan kepada masyarakat dan eksistensi diri. Buku ini mendeskripsikan mengenai sejarah kedudukan dan fungsi bahasa, ragam bahasa, kalimat efektif, pengembangan paragraf, terampil menulis karya ilmiah, tata tulis dalam karya ilmiah, tata tulis dalam karya ilmiah, ejaan yang disempurnakan.


Morfologi adalah bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan atau mempelajari seluk-beluk struktur kata serta pengaruh perubahan-perubahan struktur kata terhadap kelas kata dan arti kata. Morfologi mengidentifikasikan satuan-satuan dasar bahasa sebagaui satuan gramatikal (Verhaar, 1996). Buku ini mendeskripsikan mengenai afiksasi (proses pembubuhan imbuhan), kata dan kelas kata, bentuk derivasional, dan bentuk infeksional.
Dalam linguistik yang membicarakan masalah-masalah sosiolinguistik ini, antara lain, Nababan (1983), Suwito (1983), Pateda (1987), dan Alwasilah (1985). Namun, karena masalah-masalah sosiolinguistik itu sangat luas, kompleks, dan beragam pula, maka dilihat dari kepelbagaian masalah yang dibicarakan dan kepadatan penjelasan yang diberikan, buku-buku tersebut di sarriping memiliki berbagai kelebihan,juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan. Buku ini mendeskripsikan mengenai pengertian sosiolinguistik, komunikasi bahasa, dan bahasa dan masyarakat.




Buku ini tidak berjuan untuk mereduksi keleluasaan analisis wacana.Penulis buku ini meyakini bahwa pada taraf upaya dini,reduksi yang sekedar untuk penyederhanaan dapat secara dratis membatasi pertanyaan menarik yang dapat harus ditanyakan. Oleh sebab itu, penulis memandang keleluasan analisis wacana bukan sebagai kelemahan tapi sebagai kekuatan, dan sebagi tanda perhatian dan pengembangan.Tujuannya adalah menklarifikasi lingkup analisis wacana dalam hal cara yang dapat secara kontinu menguraikan lingkup fenomena dan problem tapi dalam bentuk yang lebih sistematis dan memiliki koherensi secara teritis. Buku ini mendeskripsikan mengenai ruang lingkup kajian wacana, beberapa ancaman kajian wacana, teori tindak tutur, sosiolinguistik interaksional, etnografi komunikasi, pragmatik, dan analisis percakapan.
Dalam buku ini dipaparkan dasar-dasar dan proses-proses pembentukan kalimat. Secara lengkap dibahas tentang materi kalimat, jenis kalimat berdasarkan isinya; jumlah klausanya. Diuraikan pula jenis kalimat berdasarkan predikat yang membentuknya; sifat hubungan aktor-aksi; struktur internal klausa utama; dan ada tidaknya perubahan dalam pengucapan. 
Buku ajar ini dilengkapi pula dengan soal-soal latihan untuk membantu para mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar sesuai dengan konteks pemakainya; efektif, tertib, dan bersistem.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar